Jumat, 15 Januari 2016





Sistem Hidrolik dan Pneumatik

Nama : Yudha Rian Pratama
Kelas : X Teknik Otomotif 2


SMK NEGERI 2 KANDANGAN
2016


 
 Sistem Hidrolik dan Pneumatik
 Sebuah drive sistem hidrolik adalah drive atau sistem transmisi yang menggunakan cairan hidrolik bertekanan untuk daya mesin hidrolik. The hidrostatik merujuk pada transfer energi dari aliran dan tekanan, tidak dari energi kinetik dari arus.

Sebuah sistem drive hidrolik terdiri dari tiga bagian: Generator (misalnya pompa hidrolik), digerakkan oleh motor listrik, mesin pembakaran atau kincir angin; katup, filter, pipa dll (untuk memandu dan mengontrol sistem); dan aktuator (misalnya motor hidrolik atau silinder hidrolik) untuk mendorong mesin.

 Prinsip drive hidrolikPrinsip sistem drive hidrolik
Hukum Pascal adalah dasar dari sistem penggerak hidrolik. Sebagai tekanan dalam sistem yang sama, gaya yang fluida memberikan ke lingkungan karena itu sama dengan tekanan × daerah. Sedemikian rupa, piston kecil terasa kekuatan kecil dan piston besar terasa tenaga yang besar.
Prinsip yang sama berlaku untuk pompa hidrolik dengan volume menyapu kecil yang meminta torsi kecil, dikombinasikan dengan motor hidrolik dengan volume menyapu besar yang memberikan torsi besar. Sedemikian rupa transmisi dengan rasio tertentu dapat dibangun.
Kebanyakan sistem drive hidrolik menggunakan silinder hidrolik. Berikut prinsip yang sama digunakan - torsi kecil dapat ditransmisikan menjadi kekuatan besar.
Oleh throttling cairan antara bagian pembangkit dan bagian motorik, atau dengan menggunakan pompa hidrolik dan / atau motor dengan volume yang menyapu disesuaikan, rasio transmisi dapat diubah dengan mudah. Dalam hal throttling digunakan, efisiensi transmisi terbatas. Dalam kasus pompa disesuaikan dan motor yang digunakan, efisiensi, bagaimanapun, adalah sangat besar. Bahkan, sampai sekitar tahun 1980, sistem drive hidrolik memiliki hampir tidak ada persaingan dari sistem penggerak disesuaikan lainnya.
Saat ini, sistem penggerak listrik menggunakan listrik servo-motor dapat dikendalikan dengan cara yang sangat baik dan dapat dengan mudah bersaing dengan berputar sistem penggerak hidrolik. Silinder hidrolik, pada kenyataannya, tanpa kompetisi bagi pasukan linear. Untuk silinder ini, sistem hidrolik akan tetap menarik dan jika sistem tersebut tersedia, mudah dan logis untuk menggunakan sistem ini untuk drive berputar dari sistem pendingin, juga.
Keuntungan penting dari drive hidrolik adalah densitas daya yang tinggi. Massa drive hidrolik adalah beberapa kali lebih kecil dari massa drive listrik dari kekuatan yang sama 

Sistem pneumatik
Pneumatik (Yunani: yang berarti "nafas") adalah cabang dari fisika terapan teknologi yang menggunakan gas atau udara bertekanan.

Sistem pneumatik digunakan secara luas dalam industri biasanya didukung oleh udara terkompresi atau gas inert dikompresi. Sebuah pusat kota dan listrik bertenaga kekuatan kompresor silinder, motor udara, dan perangkat pneumatik lainnya. Sebuah sistem pneumatik dikendalikan melalui solenoid katup manual atau otomatis dipilih ketika memberikan biaya yang lebih rendah, lebih fleksibel, atau alternatif yang lebih aman untuk motor listrik dan aktuator.

Gas yang digunakan dalam sistem pneumatik
Sistem pneumatik di instalasi tetap, seperti pabrik, menggunakan udara terkompresi karena pasokan yang berkelanjutan dapat dilakukan dengan mengompresi udara atmosfer. Udara biasanya telah kelembaban dihapus, dan sejumlah kecil minyak ditambahkan pada kompresor untuk mencegah korosi dan melumasi komponen mekanik.
Pengguna pneumatik daya pabrik-menyelami tidak perlu khawatir tentang kebocoran beracun, gas ini biasanya hanya udara. Sistem yang lebih kecil atau yang berdiri sendiri dapat menggunakan gas terkompresi lain yang menyajikan bahaya sesak napas, seperti nitrogen-sering disebut sebagai OFN (bebas oksigen nitrogen) ketika diberikan dalam silinder.
Setiap dikompresi gas selain udara adalah nitrogen sesak napas bahaya-termasuk, yang membuat naik 78% dari udara. Dikompresi oksigen (approx. 21% dari udara) tidak akan sesak napas, tetapi tidak digunakan dalam perangkat pneumatik bertenaga karena merupakan bahaya kebakaran, lebih mahal, dan tidak menawarkan keuntungan kinerja melalui udara.
Alat pneumatik portabel dan kendaraan kecil, seperti mesin Wars Robot dan aplikasi hobi lainnya sering didukung oleh dikompresi karbon dioksida, karena kontainer yang dirancang untuk menahannya seperti aliran soda tabung dan alat pemadam kebakaran yang tersedia, dan perubahan fase antara cair dan gas memungkinkan untuk mendapatkan volume yang lebih besar dari gas terkompresi dari wadah ringan dari udara terkompresi membutuhkan. Karbon dioksida adalah sesak nafas dan bisa menjadi bahaya pembekuan jika dibuang tidak benar.
Hydraulic and Pneumatic Systems 

A hydraulic drive system is a drive or transmission system that uses pressurized hydraulic fluid to power hydraulic machinery. The term hydrostatic refers to the transfer of energy from flow and pressure, not from the kinetic energy of the flow.

A hydraulic drive system consists of three parts: The generator (e.g. a hydraulic pump), driven by an electric motor, a combustion engine or a windmill; valves, filters, piping etc. (to guide and control the system); and the actuator (e.g. a hydraulic motor or hydraulic cylinder) to drive the machinery.

Principle of a hydraulic drive
Principle of hydraulic drive system

Pascal's law is the basis of hydraulic drive systems. As the pressure in the system is the same, the force that the fluid gives to the surroundings is therefore equal to pressure × area. In such a way, a small piston feels a small force and a large piston feels a large force.

The same principle applies for a hydraulic pump with a small swept volume that asks for a small torque, combined with a hydraulic motor with a large swept volume that gives a large torque. In such a way a transmission with a certain ratio can be built.

Most hydraulic drive systems make use of hydraulic cylinders. Here the same principle is used — a small torque can be transmitted into a large force.

By throttling the fluid between the generator part and the motor part, or by using hydraulic pumps and/or motors with adjustable swept volume, the ratio of the transmission can be changed easily. In case throttling is used, the efficiency of the transmission is limited. In case adjustable pumps and motors are used, the efficiency, however, is very large. In fact, up to around 1980, a hydraulic drive system had hardly any competition from other adjustable drive systems.

Nowadays, electric drive systems using electric servo-motors can be controlled in an excellent way and can easily compete with rotating hydraulic drive systems. Hydraulic cylinders are, in fact, without competition for linear forces. For these cylinders, hydraulic systems will remain of interest and if such a system is available, it is easy and logical to use this system for the rotating drives of the cooling systems, also.

An important advantage of a hydraulic drive is its high power density: the mass of a hydraulic drive is several times smaller than the mass of an electric drive of the same power.

  pneumatic systems
 Pneumatics (Greek:which means "breath") is a branch of physics applied to technology that makes use of gas or pressurized air.

Pneumatic systems used extensively in industry are commonly powered by compressed air or compressed inert gases. A centrally located and electrically powered compressor powers cylinders, air motors, and other pneumatic devices. A pneumatic system controlled through manual or automatic solenoid valves is selected when it provides a lower cost, more flexible, or safer alternative to electric motors and actuators.
 Gases used in pneumatic systems

Pneumatic systems in fixed installations, such as factories, use compressed air because a sustainable supply can be made by compressing atmospheric air. The air usually has moisture removed, and a small quantity of oil is added at the compressor to prevent corrosion and lubricate mechanical components.

Factory-plumbed pneumatic-power users need not worry about poisonous leakage, as the gas is usually just air. Smaller or stand-alone systems can use other compressed gases that present an asphyxiation hazard, such as nitrogen—often referred to as OFN (oxygen-free nitrogen) when supplied in cylinders.

Any compressed gas other than air is an asphyxiation hazard—including nitrogen, which makes up 78% of air. Compressed oxygen (approx. 21% of air) would not asphyxiate, but is not used in pneumatically-powered devices because it is a fire hazard, more expensive, and offers no performance advantage over air.

Portable pneumatic tools and small vehicles, such as Robot Wars machines and other hobbyist applications are often powered by compressed carbon dioxide, because containers designed to hold it such as soda stream canisters and fire extinguishers are readily available, and the phase change between liquid and gas makes it possible to obtain a larger volume of compressed gas from a lighter container than compressed air requires. Carbon dioxide is an asphyxiant and can be a freezing hazard if vented improperly.

DAFTAR RUJUKAN

 
wikipedia. 2016.hydraulics drive systems.https://en.wikipedia.org/wiki/Hydraulic_drive_system[15-01-2016]
wikipedia.2015.pneumatics. https://en.wikipedia.org/wiki/Pneumatics.[15-01-2016]
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar